Obat mujarab sakit GIGI dan Waktu yang tepat cabut gigi


Obat mujarab sakit GIGI dan Waktu yang tepat cabut gigi
Obat mujarab sakit GIGI dan Waktu yang tepat cabut gigi. Gigi yang berlubang bukanlah disebabkan ulat seperti anggapan orang pada zaman dahulu. Teori ini bertahan hingga tahun 1700-an hingga Willoughby Miller seorang dokter gigi Amerika yang bekerja di Universitas Berlin menemukan penyebab pembusukan gigi. Ia menemukan bahwa lubang gigi disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan gigi menjadi asam (lingkungan alami gigi seharusnya adalah basa) dan asam inilah yang akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi.

Saat lubang terjadi pada email gigi, kita belum merasakan sakit gigi. Tetapi, lubang kecil pada email selanjutnya dapat menjadi celah sisa makanan dan adanya bakteri akan membuat lubang semakin besar yang melubangi dentin. Pada saat ini kita akan merasakan linu pada gigi saat makan. Bila dibiarkan, lubang akan sampai pada lubang saraf sehingga kita akan mulai merasakan sakit gigi. Proses ini tidak akan berhenti sampai akhirnya gigi menjadi habis dan hanya tersisa akar gigi.

Sakit gigi tidak dapat dipandang sebelah mata seperti anggapan beberapa orang, karena bila didiamkan, dapat membuat gigi menjadi bengkak dan meradang. Selain itu gigi berlubang dapat menjadi sarana saluran masuknya kuman penyakit menuju saluran darah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal, paru-paru, jantung maupun penyakit lainnya.

Agar tidak semakin bertambah parah, maka bila Anda memiliki gigi berlubang sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter gigi untuk mengobatinya. Walaupun banyak orang tidak suka pergi ke dokter gigi dengan alasan tidak peduli dengan keadaan gigi, khawatir biayanya mahal, takut atau malu diejek karena gigi yang rusak, namun pergi ke dokter gigi adalah solusi terbaik untuk mengatasi sakit gigi. Gigi berlubang tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Walaupun, mungkin setelah menderita sakit gigi, rasa sakitnya dapat hilang tetapi tidak memperbaiki keadaan gigi. Gigi akan tetap berlubang, bahkan lubangnya akan terus semakin membesar.

Bila lubang terlalu besar dan tidak memungkinkan untuk ditambal, berarti gigi harus dicabut. Sama seperti proses penambalan gigi, maka gigi juga tidak dapat langsung dicabut saat gigi masih terasa sakit. Hal ini disebabkan saat kita merasakan sakit gigi, maka obat anestesi (obat kebal agar tidak terasa sakit saat gigi dicabut) tidak dapat menembus akar gigi, sehingga saat dicabut akan menyebabkan sakit yang luar biasa. Proses pencabutan gigi baru bisa dilakukan saat gigi sudah tidak terasa sakit dan untuk menghilangkan rasa sakit dokter akan mematikan saraf gigi.

Obat mujarab sakit GIGI dan Waktu yang tepat cabut gigi.

    Memeriksa gigi secara rutin
    Menyikat gigi secara teratur dan pada waktu yang tepat
    Menyikat gigi dengan cara yang benar
    Kumur setelah makan
    Gunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan
    Pilih pasta gigi yang mengandung fluorida
    Makan makanan yang berserat
    Kurangi makanan yang mengandung gula dan tepung

PENGOBATAN DENGAN REMPAH TRADISIONAL SAKIT GIGI

1. Bawang putih diparut, ditambah sedikit garam, kemudian sumpal ke gigi yang sakit karena berlubang.
2. keringkan daun sirih (dijemur) sebanyak 100 gr, lalu diiris kecil-kecil kemudian di rendam dengan ethanol (alkohol >95%), kemudian dimasak sampai ethanolnya menguap semua. Sisanya adalah minyak daun sirih. Didapat sejumlah kecil minyak daun sirih. Bisa dipakai langsung diteteskan ke gigi yang berlubang.

3. ini yang lebih lengkap : Banyak tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan gigi. Rasa yang khas dari dari cengkih misalnya, membuat tanaman ini sering dimanfaatkan. Selain cengkih, ada sejumlah tanaman lain yang memiliki khasiat serupa. Cengkih memiliki sifat antiseptica (antikuman), carminativa (peluruh angin), rubefaciencia (memanaskan kulit), antispasmodica (menghilangkan kejang), dan analgesik (pati rasa). Karenanya tanaman ini bisa digunakan untuk obat sakit gigi. Selain juga bisa untuk nyeri haid, rematik/pegal linu, masuk angin/mual, suara parau (serak), dan selesma.

Demikian pula dengan sirih. Tanaman yang berasal dari India, Sri Lanka, dan Malaysia ini telah dikenal sejak tahun 600 SM

OBAT APOTEK

Pengobatan untuk sakit gigi secara medis adalah dengan meminum. Asam Mefenamat 500mg (generik) dan untuk obat patennya adalah PONSTAN 500mg yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit. Kemudian di padukan dengan AMOXILLIN 500mg yang fungsinya sebagai antibiotik untuk mematikan kuman yang menyebabkan sakit gigi. Seandainya terjadi pembengkakan maka dokter juga akan merekomendasikan untuk menggunakan CATAFLAM 50mg, atau produk lain semisal NONFLAMIN 500mg yang gunanya untuk mengatasi pembengkakan. Kesemua obat tsb diminum 3 x 1 hari, khusus untuk Antibiotik Amoxillin 500mg penggunaannya 3 sehari minimal untuk 3 hari pengobatan dan maksimal 5 hari pengobatan. Untuk pengobatan tradisional bisa di gunakan minyak Cengkeh yang dimasukan ke rongga mulut yang berlobang.

WAKTU TERBAIK UNTUK CABUT GIGI

Benarkah cabut gigi itu berbahaya dan bisa berakibat fatal? Berikrut petikan info dari KOMPAS via Yahoo;

“Prinsipnya, cabut gigi itu aman dan tidak berbahaya, kok,” kata drg Benny Poliman, MKes, dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta. Gigi memiliki beberapa bagian, antara lain email sebagai bagian terluar, lalu di bawahnya ada dentin, dan bagian paling dalam adalah pulpa. Jika yang rusak email-nya, masih bisa ditambal. Begitu pula bila yang rusak bagian dentin, masih bisa dirawat.

Namun, jika yang rusak adalah bagian pulpa, maka harus dilakukan perawatan saraf. Pulpa adalah suatu rongga di bawah dentin, di mana di dalamnya terdapat berbagai elemen jaringan seperti pembuluh darah dan persarafan.

“Masih belum dicabut, tapi harus dilakukan perawatan saraf. Sebetulnya, meskipun tinggal akar dan dalam kondisi mati, gigi masih bisa dipertahankan. Cuma, biaya perawatannya memang mahal. Semuanya tergantung pasien. Dokter memberi informasi, pasien sendiri yang menentukan,” lanjut Benny.

Gigi harus dicabut karena berbagai alasan. Pada beberapa kasus, jika gigi tidak dicabut, maka bisa terjadi focal infection. “Bakteri dari gigi busuk bisa terbawa peredaran darah ke mana-mana, ke organ tubuh vital seperti jantung atau ginjal dan organ-organ lainnya,” kata Benny.

Namun, gigi juga tak boleh dicabut sembarangan. “Harus sesuai prosedur. Pasien harus ditanya terlebih dulu, apakah memiliki riwayat penyakit dalam seperti diabetes atau darah tinggi. Penyakit diabetes, misalnya, akan memengaruhi penyembuhan luka, selain ditakutkan bisa menyebabkan infeksi. Contoh lain, pada penderita hipertensi, yang bisa menyebabkan perdarahan,” kata Benny.

Atau pada pasien kanker yang harus menjalani perawatan dengan penyinaran. “Setelah penyinaran,­ maka selama 5 tahun tidak boleh dicabut giginya. Kalau ada gigi yang bolong atau jelek, sebaiknya dibereskan dulu sebelum penyinaran. Jika tidak, bisa terjadi osteoradionekrose. Pada pasien penyakit jantung yang diberi obat pengencer darah, jika ada gigi yang harus dicabut, maka 5 hari sebelum dan sesudah pencabutan, ia harus berhenti minum obat pengencer darah. Dan harus dikonsultasikan dengan dokter jantung,” papar Benny lagi.

Pasien yang baru saja menjalani operasi besar seperti jantung, atau pasien yang tengah menjalani perawatan kanker, juga tak bisa sembarangan mencabut gigi. Jika pasien ternyata memiliki penyakit-penyakit “berat” seperti di atas, atau baru saja menjalani operasi besar (misalnya operasi by pass), maka pencabutan gigi harus dikonsultasikan dengan dokter penyakit dalam yang merawatnya, atau malah ditunda.

Meminum obat-obatan painkiller memang boleh-boleh saja. “Sebetulnya enggak apa-apa. Obat-obat painkiller itu, kan, dijual bebas di apotek dan bukan hanya untuk sakit gigi saja. Tapi, minum obat-obatan painkiller tidak akan menyembuhkan sakit giginya. Mengurangi rasa sakit iya, tapi tidak menyembuhkan. Jika terjadi infeksi pada gigi, maka gigi harus dibersihkan kumannya, yang busuk dibuang, lalu diberi antibiotik, dan sebagainya.”

Prinsipnya, gigi harus dipertahankan karena dengan berkurangnya gigi, fungsi pencernaan akan terganggu. “Pencabutan gigi sebetulnya merupakan pilihan terakhir,” pungkas Benny.

Selamat mencoba
Anda sakit Gigi ini mungkin dia obat mujarabnya nb.
Semua obat di atas di resepkan oleh Dokter

Obat mujarab sakit GIGI dan Waktu yang tepat cabut gigi, dirangkum dari berbagai sumber.

Anda Membaca: Obat mujarab sakit GIGI dan Waktu yang tepat cabut gigi


Baca Juga: